Rabu, 05 Maret 2014

Tata Surya


A.Sistem Tata Surya
1. Susunan Tata Surya
                Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari.
            Susunannya terdiri atas matahari, 9 planet, satelit-satelit pengiring planet, komet, asteroid, dan meteorid.

A. Matahari
                   Matahari merupakan bintang yang menghiasi Bima Sakti. Matahari juga merupakan pusat tata surya yang berupa bola gas yang bercahaya. Jarak antara matahari dengan bumi adalah sekitar 15 juta kilometer atau 1SA (1 Satuan Astronomi). Zat penyusun matahari terdiri dari : hydrogen 76 0/0, helium 22  0/0, dan zat lain 2 0/0.. suhu permukaan atahari 6000 0C dan bagian inti mencapai 15 juta sampat 20 juta 0C. Matahari berotasi 25,04 hari dan mempunyai gravitasi 27,9 kali dari gravitasi  bumi.matahari dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
§  Inti matahari, dibagian ini terjadi reaksi nuklir (pengubahan hidrogen menjadi helium dan energi) suhunya mencapai 15 juta 0K
§  Fotosfer (Bola matahari)
§  Atmosfer Matahari (terdiri dari kromosfer dan korona ).
Lapisan kulit matahari terdiri dari 3 bagian, yaitu :
§  Fotosfer
v Kedalamnya 500 km.
v Suhu fotosfer 60000K dan berkurang menjadi 4500 0K pada fotosfer bagian luar.
§  Kromosfer
v Lapisan kromosfer menjulang 12.000 km diatas fotosfer dan memiliki tebal sekitan 2.400 km.
v Suhu kromosfer bagian atasnya 10.000 0K.
§  Korona
v Suhu korona bagian luar mencapai 2 juta kelvin.

B. Planet
                         Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang (matahari).
Ø Pengelompokan planet berdasarkan bumi yang menjadi pembatas, antara lain  sebagai berikut :
1.     Planet Inferor, yaitu planet yang orbitnya didalam orbit bumi mengitari matahari. Planet yang termasuk dalam plane inferor antara lain adalah Merkurius dan Venus.
2.     Planet Superior, yaitu planet yang orbitnya berada diluar orbit bumi mengitari matahari. Planet yang termasuk dalam planet superior antara lain adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Ø Pengelompokan planet berdasarkan asteroid sebagai pembatas, antara lain sebagai berikut :
1.     Planet Dalam, yaitu planet yang orbitnya disebelah dalam lintasan asteroid. Yang tergolong dalam planet dalam antara lain Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
2.     Planet Luar, yaitu planetuang orbitnya disebelah luar dalam lintasan asteroid. Yang tergolong dalam planet luar antara lain Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Ø Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya, antara lain sebagai berikut :
1.     Planet Terestial/Kebumiaan, yaitu planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan bumi. Seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
2.     Planet Jovian/Raksasa, yaitu planet yang sangat besar dan komponen penyusunnya mirip dengan Yupiter (Terdiri dari sebaian besar es dan hydrogen). Seperti : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

C.  Komet
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan yang sangat lonjong. Komet HALLEY yang munculnya 76 tahun sekali ditemukan oleh Edmin Halley (1646-1742) Astronom dari Inggris.
Berikut adalah bagian-bagian yang terdapat pada komet, antara lain :
1.     Inti Komet, yaitu bagian komet yang kcil tapi padat tersusun dari debu dan gas.
2.     Koma, yaitu daerah kabut disekeliling inti.
3.     Ekor Komet, yaitu bagian yang memanjang dan panjangnya mampu mencapai 1 SA (jarak antara bumi dengan matahari.

D.Asteroid
Asteroid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya. Asteroid terletak diantara mars dan yupiter. Asteroid sering disebut juga PLANETOID atau PLANET KERDIL.
Asteroid yang terbesar atau yang pertama ditemukan adalah CERES, yang ditemukan oleh GIUSSEPE PIAZZI (Italia). Tapi pada tanggal 23 agustus 2001 telah ditemukan asteroid yang lebih besar yang bernama 2001 KX 76, yang berada pada lintasan orbitnya didekat Pluto.


Created by : Illa Tahira A
Sumber      : Buku Ajar IPA kelas IX


Tidak ada komentar:

Posting Komentar