Kamis, 12 September 2013

Pohon Jambu


                Terdengar suara adzan berkumandang, Umiku mengetuk pintu dari luar kamarku. Membangunkanku untuk melaksanakan solat subuh. Terasa berat untuk bangun dari tempat tidurku, namun aku harus segera melaksanakan solat subuh dan setelahnya aku pergi mengaji. Dengan terpaksa aku bangun dari tempat tidurku. Karna aku harus melaksanakan kewajibanku sebagai umat muslim untuk melaksanakan solat. Seperti yang dikatakan oleh orang tuaku bahwa solat itu wajib untuk adilaksanakan bagi umat muslim, mau tidak mau , terpaksa atau tidak terpaksa solat itu tetap harus di laksanakan. Karena kalau solat kita tinggalkan berarti pintu neraka sudah menunggu kita di sana.
“ sayaaang… sudah adah tuh, ayo bangun, nanti terlambat ngajinya looh. !” saur umi.
Aku mengacuhkan perkatannya dan menarik lagi simbutku. Namun umiku tak berhenti membangunkanku.
“ ayo sayaang, katanya mau masuk surga, masa mau solat kalau sama selimut. J” ucap umi.
“ iyaa umi.” Jawabku sambil membuka selimutku meski terpaksa.
“ naah itu baru anak umi “ puji umi ku sambil membuka jendela karmarku.
“ sayaaang mulai sekarang berangkat ngajinya sendiri kan sekarang udah gede, masa masih di anter.? Gk malu tuuh sama pacar. “ ngeyel umi.
“ ih umii, takuut “ manja aku.
“ pokoknya harus belajar mandiri kamu itu, udah kelas satu Smp loh sekarang itu. “ lanjut umi.
“ yaaa umi L “ jawab aku.
“ cepet ke kamar mandi, nanti terlambat sayaang “
                Aku pun bergegas kemar mandi. Setelah itu aku keruang musola dan solat berjamah bareng umi aku tersayaang J ({}). Kebetulan hari ini abi aku lagi keluar kota, jadi gak bias solat berjamaah bersama abi L.
                Selesai solat aku segera untuk siap-siap pergi mengaji. Dan seperti yang dikatakan umi tadi, berangkat ngajinya sekarang sendiri, ngga di anterin seperti biasa. Gak apa-apa. Kan harus mandiri, malu udah gede. Hehe
                Ketika itu, dijalan masih gelap. Dan mau tidak mau aku memberanikan diri untuk pergi sendiri. Dijalan masih terlihat sepi, hanya ada beberapa bapa-bapa yang baru saja bubaran dari masjid. Lumanyan agak jauh sih tempat ngajiku dari rumahku.
                Ketika kitu aku melewati sebuah kolam ikan yang agak lumanyan besar dan di pinggirnya terdapat pohon jambu. Aku melihat sesuatu yang aneh di atas pohon itu. Seperti ada manusia yang bergelangtungan yang menggunakan baju warna merah. Berambut panjang warna hitam. Dan aku pun terus menatapinya, namun wajahnya itu terlihat samar-samar dan tidak jelas. Aku ketakutan saat disana. Aku bingung meneruskan perjalananku. Apakah aku harus balik lagi ke rumah, atau melanjutkannya ke tempat ngajiku. Aku malah berdiam diri di dekat pohon itu. Dan aku tidak sadar  terus menatapi yang ada di pohon jambu tersebut. Seketika aku tersadar dan aku segera berlari ke tempat ngajiku. “ umiiiiiiiiiiiiii….” Teriakku saat berlari menuju ketempat ngajiku.
                Sesampai di sana sialnya, ternyata ngga ada siapa-siapa. Dan aku baru ingat, bahwa sekarang adalah hari jumat, dan hari jumat  itu ngajinya libur. Ntah apa yang harus aku lakukan. Jikalau aku pulang aku harus melewati tempat menyeramkan yang tadi. Karna tidak ada jalan pintas lagi menuju rumahku. Dengan terpaksa aku pun melewati tempat itu lagi, supaya tidak memakan waktu lama dan tidak terlalu takut melewati tempat itu aku pun berlari sekencang mungkin.
                Dan akhrinya sampai juga di rumahku. Sambil terengos-engos aku masuk ke rumah sambil memanggil-manggil umi. “ umiiiiiiiiiii umiiii umiiii”. Dan umi un segara menghampiri aku dengan kagetnya.
“ kenapa sayang ? ada apa ? kenapa ngos-ngosan begitu” umi bertanya dengan paniknya.
“ umi tadi, tadi, tadi, tadi sana ada yang menyeramkan umi” jawabku sambil ngos-ngosan karena kecapean.
“ menyeramkan apa ? “ seru umi.
“ gak tau umi, dekat kolam itu umi. “ ucapku , lalu aku menangis.
“ ada apa sayang di kolam itu, udah jangan nangis, masa anak umi cengeng, jelek deh “ hibur umi ku.
“ iiiiiih umi pasti deh gitu, tadi aku liat pohon jambu di dekat kolam itu ada orang yang bergelantungan memakai baju warna putih dan rambutnya panjang umi , takuuuut “ ceritaku tentang kejadian tadi.
“ astagfirullah. Gak mungkin sayang, itu mungkin hanya ilustrasi kamu saja. “ saran umi sambil menghapus air mata aku.
“ udah jangan dipikirin, makanya kalau jalan itu jangan ngelamun, dan jangan lupa baca-baca ayat kursi. “ lanjut umi.
“ iya mi maafin aku “ sambil meluk umi
“ kenapa harus maaf sama umi, emang kamu salah sama  umi, ngga sayaang “ ngbls pelukan aku.
“ mmm.. makasih umii, aku sayaaang banget sama umii, beruntung banget punya umii J ({}) “ manjaku.
“ mulai deeeeh. “ umi ketawa.
“ iya umi juga seneng banget punya anak sperti kamu saaayang, anak solehah meskipun ngajinya libur, kamu tetap saja pergi ngaji. “ lanjut umi sambil ketawa-ketawa.
“ umiiiii jahaaaaat , umi sih gak ngasih tauuuu “ jawabku sambil pukul-pukul umi.
“ hehehe, lupa sayaang umi lupa kalau sekarang itu ngaji nya libur, ya udah maaf umi ya sayaang” pinta umi.
“ iya umi di maafin. Asal ada syarat ya “ sambil mengacungkan tangan ku.
“ apa sayang syaratnya, ?  umi penuh syarat-syarat mu naak “ jawab umiku.
“ syaratnya, umii harus nganterin aku lagi buat pergi ngaji, soalnya takut bi, aku belum berani. L “ manjaku mulai ada lagi.
“ mmmm, gimana yaaaa ? “ jawab umi.
“ ya udah , kalau gitu aku gak akan di maafin” sinis aku.
“ ya udah deeh umi janji bakalan nganterin kamu lagi. Tapi Cuma sampe setengah perjalanannya. “ balik pinta umi lagi.
“ yaa umi deeh L “ cemberutku.
“ iya udah deh, yang penting umi nganterin, makasih umi sayaang “ meluk lagi umi.
“ iya sayaang “ balik lagi meluk.
                Dan aku pun akhrinya di anterin lagi sama umi kesayanganku pergi ngajinya. Meskipun setengah perjalanan yang penting aku melewati tempat yang tadi ada teman. Dan takut kejadian yang tadi terulangi. Tapi memang bener saja yang dikatakan umi tadi, mungkin itu hanya ilustrasi aku saja. Tapi rasanya itu seperti kenyataan. Kalau itu adalah makhluk halus, aku percaya, bahwa di bumi itu terdapat mahklum halus dimana-dimana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar