Jumat, 06 Desember 2013


KP Pertamina Geothermal Energy
KERJA PRAKTEK (KP) PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY
Kali ini saya ingin berbagi dengan rekan-rekan semua, ini tentang pengalaman kami selama 2 bulan (10 Januari – 25 Februari 2011) kerja praktek di Pertamina Geothermal Energi-Area Geothermal Kamojang. Namun sebelumnya kami ingin memberi informasi kepada teman2 semua tentang syarat-syarat untuk melaksanakan KP di Pertamina Geothermal Energy.
10 Januari 2011, adalah hari pertama kami melaksanakan KP di Kantor Pusat Pertamina Geothermal Energy Jakarta..Masih teringat saat itu, kami memakai pakaian yang menurut kami sangat rapi (Kemeja+celana kain), maklum ini adalah hal yang baru buat kami memakai kemeja+celana kain trus kaki baju masuk. Biasanya di kampus hanya menggunakan lepis+kaos/baju yang berkera..namun untuk standar KP di PGE tidak diperbolehkan seperti itu.
Kami berempat saat itu melaksanakan KP di PGE. Siapa dia??? Basdar Purwansah BS (Kemeja Panjang putih), trus Dedy Ismanto Hadi (kemeja bergaris merah), Akino Iskandar (posisi paling tengah), terakhir Fadillah tapi akrab disapa Bung Fadil (beliau lagi mencepret, jd ga kelihatan). Nah foto yang di bawah ini adalah kami semua dan saat itu suasana kantor masi sangat sepi, maklum kami datangnya terlalu cepat (masih jam 06.30 pagi)…heheh  bias buat kesan yang baik dulu…


Mereka
Namun saat ini saya ga mau bahas tentang karakter saudara-saudara saya ini (ada edisi tersendiri).
Pasti diantara teman-teman ada yang bertanya tentang prosedur untuk dapat melaksanakan Kerja Praktek (KP) ataupu Tugas Akhir (TA)  di Pertamina Geothermal Energy. Baiklah, di bawah ini saya sampaikan hal-hal yang mesti teman-teman cermati dan lengkapi..
  1. Surat dan Proposal KP/TA dikirim atau diajukan keperusahaan selambat-lambatnya 3 bulan sebelum jadwal KP yang ditetapkan oleh teman-teman.. Klik di sini untuk melihat contoh surat dan proposal KP (ini versi Geofisika Unhas) Surat KP PT Pertamina Geothermal Energi (Kantor Pusat).
  2. Menyertakan judul atau topik pada proposal KP, hal ini penting untuk penentuan pembimbing teman-teman.
  3. Pemohon adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi atau swasta dengan jenjang studi Strata-1 (S1), Diploma (D3) serta siswa SMK/STM dengan status terakreditasi, hal ini dibuktikan dengan surat permohonan.
  4. IPK Minimal 3.00 (lumayan gede juga yah).
  5. Surat dan Proposal permohonan KP/TA ditujukan kepada :
Manager Sumber Daya Manusia (SDM)
PT. Pertamina Geothermal Energy
Skyline Building (Menara Cakrawala), Lantai 8
Jl. M.H. Thamrin No.9
Jakarta 10340
6. KP dilaksanakan selama 1-2 Bulan, sedangkan TA sendiri 3 Bulan atau bahkan lebih . itu semua tergantung pada data yang akan diolah pada saat TA. Klo kemarin she KP kebanyakan hanya 1 bulan
7. Peserta KP dibatasi hanya sampai 3 orang saja, hal ini mengingat keterbatasan pembimbing dan kapasitas ruangan yang tersedia.
Nah pasti teman-teman bertanya, Dokument-dokumen yang diperlukan saat
mengajukan permohanan KP/TA, berikut ini saya tulisankan,
  1. Surat Permohonan KP/TA yang ditanda tangani oleh Ketua Prodi, Ketua Jurusan dan Wakil Dekan I bidang Akademik (lengkap dengan stempel). Klik disini untuk melihat contoh surat.
  2. Proposal KP/TA yang didalamnya ditanda tangani oleh masing2 peserta KP serta tanda tangan Ketua Prodi, didalam proposal pada bagian akhir serta CV masing2 peserta KP (CVnya cukup sederhana saja). Klik disini untuk melihat contoh proposal dan CV. Proposal KP PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY (K. Pusat)
  3. Menyertakan judul pada proposal
  4. Transkrip Nilai Akdemik (Akademik Rekor) yang telah ditanda tangani oleh Penasehat Akademik masing2 peserta KP dan tanda tangan Ketua Jurusan
Nb: surat dan proposalnya yang rapi yah, alamat perusahaan mesti jelas.
Selanjutnya kami akan sampaikan beberapa fasilitas yang tersedia selama KP/TA di PGE, ini adalah fasiltas yang kami rasakan selama kami KP di Kantor Pusat dan Area(lapangan).
  1. Ruagan Ber-AC
  2. Akeses Internet, tp untuk yang namanya Facebook dan sejenisnya tidak dapat diakses atau diunduh…(ada batasan jamnya gan)
  3. Print, ini hanya dapat digunakan untuk kebutuhan selama KP kalau untuk keperluan pribadi tidak diperbolehkan
  4. Pantry (lihat gambar pantry PGE, keren banget), tersedi minuman hangat (Milo, Mocacino, dan sejenisnya pake cino2 gitu, ada teh juga kok)Fasiltas olahraga:

ini ruang pentry; teman saya fadil, imam, dan kino
  • Selasa: Futsal
  • Rabu: Bulutangkis
  • Kamis: Tenis Lapangan
Kami berempat memilih hari hari selasa (futsal), ini olahraga favorit kami gan…untuk saya sendiri selain selasa, saya milih hari kamis juga (Tenis Lapangan), ini olahraga yang saya tekuni dari sejaka saya kecil..heehh
Kalau dilapangan, misalnya di Area Geothermal Kamojang, fasiltas yang dapat kurang lebih sama pada poin 1-3. Tapi ada tambahan, di sana disediakan Mes di dalamnya sudah lengkap. Ada lemari, tempat tidur, Kulkas, Kompor Gas lengkap, Dispenser,pokoknya lengkap deh).
Lagi di lokasi salah satu sumur prodiksi yang ada di Kamojang
Nah, teman-teman itulah beberapa ketentuan yang diterapkan di Perusahaan (termasuk di PGE). Mungkin kurang lebih sama dengan perusahaan2 lainnya.
Jangan lupa banyak berdoa, agar proposalnya diterima….
Next, saya akan berbagi tentang jurusan-jurusan yang bisa masuk KP di PGE khususnya pada Management Pemberdayaan Sumber Daya (PSD)..
Jangan lupa komentarnya ya teman-teman. Jika ada pertanyaan silahkan di komentari, pasti di jawab kok…
Semoga bermanfaat…
Wassalam…

 Edit : Intan Nurbaiduri
sumber : data kakak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar