Kamis, 28 November 2013

Musik Nusantara

Edited : Tifa Reggi N
source : idk
A. Gambaran Umun Nusantara
                Nusanatara merupakan istilah , yang kita kenal dari sejarahy kerajaanMajapahit (1293-1520), di perkirakan berpusat di sekitar lembah sungai Brantas, dekat kota Kediri, Jawa Timur. Berdasarkan catatan-catatan yang digubah Empu Prapanca (1365) berjudul Negara Kertagama, Majapahit menguasai Sumatra, beberapa daerah jazirah Melayu, Mentwai, Bali, dll. Pandapat bahwa daerah-daerah tersebut di kuasai oleh Majapahit diperkuat oleh fakta adanya alat musik asli Jawa seperti gamelan Majapahit di daerah tersebut.  Namun, di seluruh kepulauan Nusa Tenggara, hanya Bali yang kaya inventaris instrumen gong. 
B. Sejarah Perkembangan Musik Indonesia
Musik indonesia berkembang melalui tahapan tahapan yang seakan tidak jelas. Sebab,secara historis musik indonesia tidak berkenbang dari komposisi dan praktik yang musikan semata, tetapi lebih sebagai paktik untuk memenuhi kebutuhan musik yang ringan .
Benturan budaya yang pertama adalah hinduisme dan budaisme , hingga melahirkan gamelan sebagai produk istana hindu di jawa. Benturan berikutnya muncul sekitar abad 15 di nusantara bagian barat bersamaan dengan penyebaran agama islam para pedanganng memperkenalkan alat musik ganbus dan rebana.
Bermuculannya alat elektronik yang semakin berkembang menyebabkan musik musik barat datang menghampiri indonesi. Dengan adanya mtv, internet dan sistem digital untuk berkarya musik telah banyak mengubah citra musik. Dari hal yang bersifat renungan (konteplasi) ke gairah ( sensasi) setra dari rasa (estetika) kerangsangan( sensualitass)
C. Nasionalisme dalam Musik
Walaupun  sebenarnya keroncong lahir di daerah Tugu, Jakarta, adanya pemancar radio di Solo pada masa sebelum pernga Dunia II membuat kota tersebut menjadi pusat perkembangan musik keroncong di Jawa. Di tahun 1940 komposer Gesang membuat lagu”Bengawan Solo” dengan lirik yang orsinil/asli Indonesia. Hal ini dipandang sebagai kepeloporan sengaja ide nasionalisme dalam musik praproklamasi.
D. Ragam Musik Nusantara
1. Musik  Anak- Anak
                                Musik anak-anak memiliki bentuk yang sederhana dan kalimat yang dipergunakan tidak terlalu panjang. Bahasanya sederhana dan mudah ditangkap. Jumlah nada yang dipergunakan untuk menyusun melodi tidak lebih dari 10 buah nada. Isi lagu anak-anak harus bersifat mendidik ke arah yang positif.Misalnya lagu Anak Gembala.
2. Musik Daerah
                                Lagu-lagu daerah biasanya di nyayikan pada kesempatan upacara adat dan perhelatan lainnya. Walaupun ada lagu-lagu khusus yang aturannya tetap dan bersifat magis untuk ritual adat dan keagamaan,lagu daerah sering di gunakan sebagi sarana hiburan masyarakat daerah tertentu. Akibatnya, lagu-lagu daerah sering juga di sebut lagu rakyat. Bahasa yag digunakan sesuai dengan bahasa dan gaa daerah setempat. Bentuknya sederhana sehingga mudah dikuasai. Misalnya, lagu SI Patokan
                               
3. Musik Perjuangan
                                Irama lagu perjuangan biasanya penuh semangant, bahkan tidak jarang ditutup dengan akhir yang semarak(masqulin ending). Lagu yang mengagungkan kebesaran bangsa dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran, dan kebenaran baisanya berbenruk hymne. Misalnya, lagu Bagimu Neg’ri.
4. Musik Keroncong
                                banyak ahli yang berpendapat bahwa musik keroncong merupakan penginggalan bangsa portugis di Indonesia. Bvahakan bentuk instrumen musik keroncong secuil pun tidak kita temukan di negara Portugis maupun bekas negara jajahannya di Timor Leste. Musik keroncong memiliki bentuk yang unik dan hanya terbentuk di Indonesia.
5. Musik Stambul
                                Stambul merupakan variasi dari keroncong. Istialh stambul sebenarna berasal dari kata Istambul ataun Konstantinopel, ibu kota negara Turki. Jenis musik stambul mulai muncul sekitar permulaan abad ke-20.
5. Musik Stambul
                                Stambul merupakan variasi dari keroncong. Istialh stambul sebenarna berasal dari kata Istambul ataun Konstantinopel, ibu kota negara Turki. Jenis musik stambul mulai muncul sekitar permulaan abad ke-20.
6. Musik populer
                                Pengertian populer mengandung dua makna. Pertama, musik yang sedang disenangi oleh masyarakat pada kurun waktu tertentu. Kedua, jenis lagu yang disajikan dengan mengutamakan tekinik penajian dan kebebasan dalam menggunakan ritme dan jenis instrumen.Ritmenya bersifat alamiah sehingga orang mudah mencernanya.Misanlnya, lagu Aku Makin Cinta
7. Musik Seriosa
                                Pengertian seriosa merujuk pada teknik pengungkapan lagu secara sungguh-sungguh. Dalam musik seriosa penyanyi hars mampu mengungkapkan lagu secara serius. Teknik vokal yang baik hatus dikuasai secara mapan dalam musik ini. Improvasi kalimat lagu dengan berbagai ornamentasi harus mampu mengembang secara baik.
8. Musik Langgam
                                Pada umumnya masyarakat masih menyamakan antara musik keroncong dengan musik langgam. Langgam memang merupakan varian dari musik keroncong. Namun, kedua jenis musik ini memiliki perbedaan yang mendasar.
9. Musik Dangdut
                                Musik dangdut merupakan hasil dari interaksi budaya Melayu, India, dan musik daerah Indonesia yang melingkupinya. Karakteristik musik dangdut didapat dari bunyi ketipung yang terdengar  ndang dan nduut. Syair lagunya medah dicerna sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat pendengarnya. Aransemen musik dangdunt juga sangat bervariasi dan beragam. Sentuhan teknologi modern membuat dangdut semakin mekar dan menguasai pasran serta media di Indonesia. Misalnya, lagu Merpati Putih.
Musik ini terdengar mirip dengan musik ala india. irama musiknya ringan , sehingga mendorong penyayi dan pendengar unuk menggerakaan anggota badannya. Selain itu syair lagunya pun mudah dicerna sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat pendengarnya.
Aransemen musik dangdut juga sangantlah bervariasi . sentuhan teknologi modern memperkaya nyansa musik dangdut dengan penambahan intrumentasi, model koastum, d=serta teknik permainan intrument musisi dangdut .
Komponis lagu perjuangan : wr soepartman, ismail marzuki, ibu sud dll
Komponis lagu keroncong : gesang, kelly puspito, hardiman
Komponis lagu pop : melly g , a riyanto, zaenal arifin
Komponos lagu klasik dan seriosa : ismail marzuku, syaiful bachri
Komponis lagu dangsut : roma irama, fazal dath, obbie meshak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar