source : idk
A. Gambaran Umun Nusantara
Nusanatara
merupakan istilah , yang kita kenal dari sejarahy kerajaanMajapahit
(1293-1520), di perkirakan berpusat di sekitar lembah sungai Brantas, dekat
kota Kediri, Jawa Timur. Berdasarkan catatan-catatan yang digubah Empu Prapanca
(1365) berjudul Negara Kertagama, Majapahit menguasai Sumatra, beberapa daerah
jazirah Melayu, Mentwai, Bali, dll. Pandapat bahwa daerah-daerah tersebut di
kuasai oleh Majapahit diperkuat oleh fakta adanya alat musik asli Jawa seperti
gamelan Majapahit di daerah tersebut.
Namun, di seluruh kepulauan Nusa Tenggara, hanya Bali yang kaya
inventaris instrumen gong.
B. Sejarah Perkembangan Musik Indonesia
Musik indonesia berkembang melalui tahapan tahapan yang
seakan tidak jelas. Sebab,secara historis musik indonesia tidak berkenbang dari
komposisi dan praktik yang musikan semata, tetapi lebih sebagai paktik untuk
memenuhi kebutuhan musik yang ringan .
Benturan budaya yang pertama adalah hinduisme dan budaisme ,
hingga melahirkan gamelan sebagai produk istana hindu di jawa. Benturan
berikutnya muncul sekitar abad 15 di nusantara bagian barat bersamaan dengan
penyebaran agama islam para pedanganng memperkenalkan alat musik ganbus dan
rebana.
Bermuculannya alat elektronik yang semakin berkembang
menyebabkan musik musik barat datang menghampiri indonesi. Dengan adanya mtv,
internet dan sistem digital untuk berkarya musik telah banyak mengubah citra
musik. Dari hal yang bersifat renungan (konteplasi) ke gairah ( sensasi) setra
dari rasa (estetika) kerangsangan( sensualitass)
C. Nasionalisme dalam Musik
Walaupun sebenarnya
keroncong lahir di daerah Tugu, Jakarta, adanya pemancar radio di Solo pada
masa sebelum pernga Dunia II membuat kota tersebut menjadi pusat perkembangan
musik keroncong di Jawa. Di tahun 1940 komposer Gesang membuat lagu”Bengawan
Solo” dengan lirik yang orsinil/asli Indonesia. Hal ini dipandang sebagai
kepeloporan sengaja ide nasionalisme dalam musik praproklamasi.
D. Ragam Musik Nusantara
1. Musik Anak- Anak
Musik
anak-anak memiliki bentuk yang sederhana dan kalimat yang dipergunakan tidak
terlalu panjang. Bahasanya sederhana dan mudah ditangkap. Jumlah nada yang
dipergunakan untuk menyusun melodi tidak lebih dari 10 buah nada. Isi lagu
anak-anak harus bersifat mendidik ke arah yang positif.Misalnya lagu Anak Gembala.
2. Musik Daerah
Lagu-lagu
daerah biasanya di nyayikan pada kesempatan upacara adat dan perhelatan
lainnya. Walaupun ada lagu-lagu khusus yang aturannya tetap dan bersifat magis
untuk ritual adat dan keagamaan,lagu daerah sering di gunakan sebagi sarana
hiburan masyarakat daerah tertentu. Akibatnya, lagu-lagu daerah sering juga di
sebut lagu rakyat. Bahasa yag digunakan sesuai dengan bahasa dan gaa daerah
setempat. Bentuknya sederhana sehingga mudah dikuasai. Misalnya, lagu SI
Patokan
3. Musik Perjuangan
Irama
lagu perjuangan biasanya penuh semangant, bahkan tidak jarang ditutup dengan
akhir yang semarak(masqulin ending). Lagu yang mengagungkan kebesaran
bangsa dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran, dan kebenaran baisanya
berbenruk hymne. Misalnya, lagu Bagimu Neg’ri.
4. Musik Keroncong
banyak
ahli yang berpendapat bahwa musik keroncong merupakan penginggalan bangsa
portugis di Indonesia. Bvahakan bentuk instrumen musik keroncong secuil pun
tidak kita temukan di negara Portugis maupun bekas negara jajahannya di Timor
Leste. Musik keroncong memiliki bentuk yang unik dan hanya terbentuk di
Indonesia.
5. Musik Stambul
Stambul
merupakan variasi dari keroncong. Istialh stambul sebenarna berasal dari kata
Istambul ataun Konstantinopel, ibu kota negara Turki. Jenis musik stambul mulai
muncul sekitar permulaan abad ke-20.
5. Musik Stambul
Stambul
merupakan variasi dari keroncong. Istialh stambul sebenarna berasal dari kata
Istambul ataun Konstantinopel, ibu kota negara Turki. Jenis musik stambul mulai
muncul sekitar permulaan abad ke-20.
6. Musik populer
Pengertian
populer mengandung dua makna. Pertama, musik yang sedang disenangi oleh
masyarakat pada kurun waktu tertentu. Kedua, jenis lagu yang disajikan dengan
mengutamakan tekinik penajian dan kebebasan dalam menggunakan ritme dan jenis
instrumen.Ritmenya bersifat alamiah sehingga orang mudah mencernanya.Misanlnya,
lagu Aku Makin Cinta
7. Musik Seriosa
Pengertian
seriosa merujuk pada teknik pengungkapan lagu secara sungguh-sungguh. Dalam musik
seriosa penyanyi hars mampu mengungkapkan lagu secara serius. Teknik vokal yang
baik hatus dikuasai secara mapan dalam musik ini. Improvasi kalimat lagu dengan
berbagai ornamentasi harus mampu mengembang secara baik.
8. Musik Langgam
Pada
umumnya masyarakat masih menyamakan antara musik keroncong dengan musik
langgam. Langgam memang merupakan varian dari musik keroncong. Namun, kedua
jenis musik ini memiliki perbedaan yang mendasar.
9. Musik Dangdut
Musik
dangdut merupakan hasil dari interaksi budaya Melayu, India, dan musik daerah
Indonesia yang melingkupinya. Karakteristik musik dangdut didapat dari bunyi
ketipung yang terdengar ndang dan
nduut. Syair lagunya medah dicerna sehingga sangat mudah diterima oleh
masyarakat pendengarnya. Aransemen musik dangdunt juga sangat bervariasi dan
beragam. Sentuhan teknologi modern membuat dangdut semakin mekar dan menguasai
pasran serta media di Indonesia. Misalnya, lagu Merpati Putih.
Musik ini
terdengar mirip dengan musik ala india. irama musiknya ringan , sehingga
mendorong penyayi dan pendengar unuk menggerakaan anggota badannya. Selain itu
syair lagunya pun mudah dicerna sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat
pendengarnya.
Aransemen
musik dangdut juga sangantlah bervariasi . sentuhan teknologi modern memperkaya
nyansa musik dangdut dengan penambahan intrumentasi, model koastum, d=serta
teknik permainan intrument musisi dangdut .
Komponis lagu perjuangan : wr soepartman, ismail marzuki,
ibu sud dll
Komponis lagu keroncong : gesang, kelly puspito, hardiman
Komponis lagu pop : melly g , a riyanto, zaenal arifin
Komponos lagu klasik dan seriosa : ismail marzuku, syaiful
bachri
Komponis lagu dangsut : roma irama, fazal dath, obbie meshak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar