Jumat, 29 November 2013

Penggunaan Prinsip Kerja Elektromagnetik


a.Magnet Pengangkat
Magnet pengangkat digunakan untuk mengangkat benda-benda rongsokan yang terbuat  dari besi. Pada prinsipnya magnet pengangkat terdiri dari kawat penghantar yang dililitkan pada besi lunak, jika kawat dialiri arus listrik maka inti besi menjadi magnet dan menarik benda-benda yang hendak diangkat, jika sudah dipindahkan maka arus listrik diputus maka inti besi tidak memiliki sifat magnet lagi dan benda-benda dilepaskan kembali.
b.Bel Listrik
            Prrinsip kerja bel listrik yaitu jika saklar ditekan arus mengalir melalui kumparan (solenoid)  dan M menjadi kemudian menarik sauh S (besi lunak) sehingga pemukul P memukul bel B . Tertariknya sauh S menyebabkan hunungan arus I terputus sehingga arus brhenti mengalir. Arus yang berhenti mengalir akan menghilangkan kemagnetan M. Karena kemagnetan M hilang, pemukul P kembali ke posisi semula dan kontak I tersambung lagi (M) menjadi magnet dan menarik pemukul P sehingga memukul bel B, demikian seterusnya.

c. Relai Magnet
            Relai magnet adalah alat yang digunakan untuk menyambung dan memutus arus listrik yang berarus besar sehingga tidak membahayakan orang yang menyalakannya. Prinsip kerja relai magnet yaitu pada waktu saklar Sk dihubungkan, akan menyebabkan arus mengalir melalui solenoid sehingga besi lunak M menjadi magnet. M kemudian menarik sauh S dan menyebabkan K1 ke K2 kemudian ke motor listrik 
 
 Edited by: Nabila Fazrin M
sumber: http://tomayou.blogspot.com/2012/12/kemagnetan-materi-smp-kelas-9.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar